Tips Mobil

3 Tips Perawatan Mobil Bekas Hemat dan Mudah bagi Pemula

18 Desember 2023 | 0 Likes

Image

Perawatan mobil bekas memiliki metode yang berbeda, terutama karena kondisi mobil bekas yang sangat beragam. Artikel ini akan membahas tentang perawatan mobil bekas dengan kondisi yang layak pakai tanpa perlu peremajaan, dan tidak lagi diservis di ATPM.

Selain itu, pembahasan kali ini juga mengambil contoh dari pemilik mobil yang tidak memiliki keahlian atau pengalaman di bidang otomotif, namun memiliki dan sedang merawat mobil bekas.

Tips ini akan berguna untuk mencegah pengeluaran berlebihan di masa depan.

Tips Perawatan Mobil Bekas

Siapkan Tempat Parkir yang Layak

Mobil yang terjemur dan kehujanan tanpa pernah berteduh semasa hidupnya jauh lebih berisiko terhadap kerusakan dari berbagai sisi. Panas matahari akan mengikis lapisan cat dan merusak interior, terutama membuat dasbor retak. Apabila mobil diparkir di bawah pohon, getah pohon atau kotoran hewan yang mengering juga akan merusak lapisan cat.

Di sisi lain, hujan juga bisa menyebabkan kerusakan seperti keropos di bagian jalur air mobil. Mobil yang dibawa hujan lalu tidak langsung dicuci juga bisa menyebabkan keropos pada kolong-kolong chassis mobil.

Maka dari itu, siapkan tempat parkir yang layak lengkap dengan kanopi atau atap. Apabila tidak punya, sobat Pertalub bisa menyewa tempat parkir umum di sekitar rumah. Menyewa tempat parkir bulanan akan jauh lebih mengurangi pengeluaran daripada memperbaiki kerusakan mobil karena paparan cuaca terus-menerus.

Perhatikan 3 Aspek Utama Perawatan Mobil Bekas

Hampir semua komponen pada mobil biasanya dilindungi oleh tiga hal ini: Oli dan cairan lain, karet, dan filter. Dari sektor oli dan cairan lain, yang wajib diperhatikan adalah oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli power steering, minyak rem, air radiator, bahkan air washer. Oli-oli tersebut adalah pelindung utama dari komponen bergerak pada mobil.

Apabila Sobat Pertalub ingin mengecek oli apa yang sesuai dengan mobil yang digunakan, sobat Pertalub bisa mengecek di fitur Mix n’ Match Oli.

Kedua adalah karet-karet. Apabila sobat Pertalub memperhatikan kolong-kolong dan ruang mesin mobil, maka akan ada banyak karet-karet yang melindungi komponen kaki-kaki. Pastikan tidak ada karet yang getas atau bahkan sobek, karena komponen kaki-kaki yang terpapar kotoran akan lebih cepat rusak.

Ketiga adalah filter. sobat Pertalub juga harus mengganti filter-filter pada mobil secara berkala. Dalam sebuah mobil, terdapat filter udara, filter oli, dan filter AC yang harus diperhatikan dan wajib diganti apabila sudah terlihat kotor.

Hindari Akal-akalan Sparepart dalam Perbaikan

Ini dia hal yang paling sering terlihat di mobil bekas. Kabel asing yang melintang ke sana kemari di ruang mesin, kebocoran radiator yang diakali dengan ditambal sealant, Karat atau retak yang ditutupi stiker, dan masih banyak akal-akalan lainnya yang sering terlihat pada sebuah mobil bekas.

Apabila sobat Pertalub melihat hal-hal tersebut pada mobil sobat Pertalub, segera perbaiki dan kembalikan seperti sedia kala. Kabel yang di-”jumper” sangat berisiko korsleting listrik. Demi menghemat biaya perbaikan yang tidak sampai Rp 1 juta, apakah sobat Pertalub mau mengambil risiko mobil terbakar?

Apabila ada komponen yang bermasalah, maka segera ganti dengan spesifikasi yang sesuai. Dengan harga yang sedikit lebih mahal namun original, sebenarnya sobat Pertalub sudah mencegah pengeluaran yang lebih besar lagi di masa depan.

Membahas perawatan belum tentu artinya harus ada sparepart yang diganti atau sobat Pertalub harus bisa mengganti komponen tertentu dalam mobil. Seperti yang dibahas pada artikel ini, sekadar memperlakukan mobil dengan layak dan memperhatikan kesehatan komponen secara itu juga bentuk dari perawatan mobil.

Itulah 3 tips dasar perawatan mobil bekas untuk sobat Pertalub yang ingin memiliki mobil bekas. Apakah ada tips perawatan lain yang sobat Pertalub sering lakukan?

Tag:

motor