Tips Truk & Bus

Tips Perawatan Rutin Truk Engkel

18 Desember 2023 | 0 Likes

Image

Perawatan truk harus dilakukan secara rutin, sebab truk memiliki beban lebih besar serta jarak tempuh yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kendaraan penumpang.

Lalu, bagaimana perawatannya? Apakah lebih sulit dan lebih mahal dibandingkan kendaraan penumpang? Berikut ini penjelasannya.

Kendaraan jenis truk memegang peranan penting bagi kelangsungan industri sebuah perusahaan, terutama bagi perusahaan yang harus mengirimkan barang setiap hari dari satu tempat ke tempat lainnya dalam jumlah yang banyak. Bahkan tak sedikit perusahaan hingga menyewa truk untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barangnya tersebut. Dengan kata lain, truk memang memegang peranan kunci sebagai salah satu penunjang lancarnya sebuah bisnis.

Berikut ini 3 tips mudah perawatan truk agar tetap prima untuk menunjang lancarnya operasional perusahaan

Cek oli setiap hari

Oli berfungsi untuk melumasi setiap komponen mesin yang bergerak saat truk digunakan. Semakin sering truk digunakan menyebabkan oli terus bekerja keras melumasi mesin. Sehingga wajib bagi kita untuk terus periksa kualitas dan kadar oli pada mesin truk.

cek oli mesin

Cek warna oli. Jika sudah berwarna hitam pekat, tandanya oli harus segera diganti apalagi jika truk sudah melebihi jarak kilometer batas penggantian oli mesin.

Periksa juga kadar olinya, apabila berkurang sebaiknya ditambahkan atau periksa ke bengkel karena dikhawatirkan ada kebocoran pada mesin yang menyebabkan oli mesin berkurang jumlahnya.

Periksa tekanan ban sebelum berjalan

Selalu periksa kondisi tekanan angin ban setiap truk ingin digunakan. Jika tekanan angin kurang, akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan kinerja mesin truk yang semakin berat. Sebab, jika angin kurang atau kempes akan semakin menambah beban truk. Upayakan tekanan angin ban sesuai dengan standard panduan dari pabrik agar meringankan beban dan mengoptimalkan kinerja truk.

Rutin servis mesin sesuai jarak tempuh

Ketiga, rutin servis mesin sesuai jarak tempuh yang sudah dilalui. Semisal unit truk sudah beroperasi dengan total jarak 10 ribu kilometer, maka harus mengganti filter udara. Jika sudah beroperasi dengan jarak 20 ribu kilometer, sebaiknya ganti juga oli mesin. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan kerusakan mesin yang berpotensi menguras biaya perbaikan nantinya. Seluruh unit truk di Multi Inti Transport yang aktif tersewa di pelanggan, terjamin perawatannya melalui servis rutin sesuai jarak tempuh. Demi memudahkan pelanggan, kami juga menyediakan layanan mobile service yang melayani perawatan truk seperti penggantian oli, filter udara, dan lainnya di lokasi pelanggan.

Tiga tips tersebut sekilas sangat mudah dilakukan, namun pada praktiknya keseringan pengemudi atau tim penanggung jawab perawatan kendaraan kerap kali tidak disiplin dalam upaya perawatan truk ini.

Pengemudi seringkali mengabaikan rutinitas pengecekan oli mesin, tekanan ban, dan jadwal servis rutin yang semestinya dilakukan. Sehingga tak heran jika banyak truk yang kondisinya tak lagi prima karena terlalu dipaksakan tanpa adanya kesadaran untuk upaya perawatan. Padahal biaya perawatan jauh lebih ringan dibandingkan dengan biaya perbaikan.

Tag:

Service Truk

Perawatan Truk

Ganti Oli Truk